Mahasiswa Yahukimo Se-Jabodetabek Tuntut Pemda Yahukimo Perhatikan Nasib Mahasiawa.

 


Photo Mahasiswa Yahukimo Se-Jabodetabek.

Mahasiswa asal Kabupaten Yahukimo yang sedang mengenyam pendidikan di Kota Jakarta, Se-Jabodetabek, mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Yahukimo untuk segera memperhatikan kondisi dan hak mereka.

Mahasiswa Yahukimo di Kota Studi Jabodetabek, menuntut Pemda Yahukimo untuk segera tuntaskan kembali tanggung jawab Pemda terkait  bantuan studi yang tidak merata dan akibatnya mahasiswa semakin tidak percaya dengan kinerja pemda yang sangat mematikan semangat  juang mahasiswa dalam menempuh pendidikan.

Juga, mereka menuntut agar Pemda Yahukimo segera mengalokasikan dana untuk mahasiswa yang belum menerima bantuan studi tahun 2023. Karena mahasiswa ketahui bahwa, anggaran pendidikan yang diputuskan dalam sidang DPRD Kabupaten Yahukimo adalah Rp 10 Miliar.

Hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Yahukimo, Yafet Saram. Bahwa, ada kenaikan dana pendidikan, dimana jika sebelumnya hanya 4 miliar, kini menjadi Rp 10 Miliar, Unggapnya.

Atas dasar itu, banyak mahasiswa menyesal dengan kinerja dinas pendidikan kabupaten Yahukimo yang tidak mempedulikan SDM Yahukimo. selain itu, salah satu mahasiswa yahukimo yang juga kuliah di jakarta menyesal dengan pembagian bantuan studi yang tidak merata itu.

Bantuan studi tahun ini tidak merata dan tidak sesuai dengan  apa yang disampaikan kepala dinas pendidikan sebelumnya. Bahwa, bantuan studi akan dikirim dalam tiga tahap. Tetapi hal ini tidak dipatuhi oleh dinas pendidikan kabupaten Yahukimo hingga nasib kami yang lain terlantar, unggapnya.  

Penyesalan itu juga disampaikan oleh ketua korwil Jabodetabek Aten Sama, dirinya menilai pemda lalai dalam menyampaikan informasih sehingga mahasiswa yang seharusnya menerima bantuan studi, tidak dapat sama sekali tahun ini. Kami di Jabodetabek puluhan lebih mahasiswa belum dapat bantuan studi, unggap Sama.

Hal lain yang juga dituntut Mahasiswa Yahukimo Se-Jabodetabek ini adalah Pemda Yahukimo harus datang ke kota studi Jakarta untuk melihat situasi yang terjadi pada mahasiswa.

Mereka menegaskan “Pemda Yahukimo harus melihat dan mendengar seluruh aspirasi kami mahasiswa Yahukimo yang ada di Kota Studi Sejawa Bali dan Sumatera terlebih khusus lagi Mahasiswa Yahukimo Jabodetabek”.

“Kami meminta dengan tegas agar aspirasi kami bisa dipertimbangkan sesuai yang dibahas dalam sidang anggaran Kabupaten Yahukimo tahun 2023,” tegas Mahasiswa Yahukimo di Jakarta dalam pernyataan sikap yang dibacakan.

Berikut pernyataan sikap mahasiswa:

1.       Pemerintah Kabupaten Yahukimo segera berikan alasan yang logis kepada Mahasiswa Yahukimo terkait penggunaan bantuan studi/sosial, karena merugikan nasib ribuan mahasiswa se-Indonesia.

2.       Kami Mahasiswa Yahukimo Se-Indonesi menuntut kepada pemerintah Kabupaten Yahukimo agar melihat kinerja dinas pendidikan Kabupaten Yahukimo yang gagal dan tumpul diatas tafsiran ini.

3.       Segera copot oknum-oknum yang bermain dibalik kegunaan bantuan studi yang tidak merata dan tidak sesuai dengan anggaran yang diputuskan oleh DPRD Kabupaten Yahukimo komisi C.

4.       Dinas pendidikan Kabupaten Yahukimo segera bertanggung jawab atas nasib ribuan Mahasisaw yang tidak dapat bantuan studi tahun 2023.

 

Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama