POLITIK

 Politik

Istilah politik berasal dari bahasa Yunani, yaitu polis yang berarti kota. Maksudnya, polis itu menunjukkan negara atau kota-kota kecil di daratan Yunani Raya (Bertens, 2018:10).Keterlibatan antara masyarakat dengan berlangsungnya kegiatan Politik sangat memungkinkan lahirnya pemikiran-pemikiran yang ideal.

Intelektualitas

Ir. Juniarso Ridwan menilai perkembangan hukum dan politik kenegaraan merupakan sebab atas

lahirnya nuansa intelektualitas (2013:12). Artinya, pembentukan tradisi filsafat di daratan Yunani Raya bisa dikatakan karena adanya pertemuan ideologi

polis-polis di alam politik antara setiap orang dan Yunani.

Zeno

Bukti dari kesadaran politik melahirkan tradisi intelektual ialah lahirnya tokoh-tokoh besar dalam dunia filsafat Yunani. Salah satunya adalah Zeno. la merupakan filsuf yang menawarkan ajaran mengenai dialektika. Dialektika ini menjadi tema kajian panjang dalam tradisi filsafat, bahkan bisa jadi merupakan media perangkat yang tidak mungkin hilang dalam tradisi kefilsafatan.

Demokritos

Kemudian, dari filsuf pra-Sokratik yang menjadi jembatan perpindahan fokus kajian dari kosmosentris ke antroposentris ialah Demokritos. la mulai menaruh perhatian kajiannya mengenai etika manusia. Ajaran etika Demokritos ini seakan-akan mengantarkan objek kajian filsafat dari alam semesta ke arah hal-hal yang bersifat manusiawi.

Kaum Sofis

Kaum Sofis memiliki peranan penting di tengah masyarakat Mereka,kehidupan Raya.Yunani khususnya para guru, akan terus berkeliling di sekitar kota-kota Yunani untuk mengajarkan kebijaksanaan Salah satu yang mencolok dari kaum Sofis yaitu perannya bagi kemajuan politik di Yunani.

Protogoras

Kita ambil salah seorang tokoh kaum Sofis, yakni Protagoras. Dalam catatan Prof. Bertens, Protagoras memiliki kedekatan dengan tokoh ternama di Athena,yaitu Perikles (Bertens, 2018). Dikatakan bahwa Perikles meminta Protagoras ikut andil mendirikan kota Thurioi di Italia Selatan tahun 444 SM. Kemudian, Protagoras pun diminta membuat undang-undang dasar bagi kota Thurioi itu.

Sokrates

Dinamika politik di Yunani yang bercorak demokratis menuntut masyarakatnya untuk bersuara, yakni suara yang didasarkan atas pemikiran mendalam. Di sisi lain kuasa politik kerap menimbulkan korban. Misalnya,Sokrates yang dihukum dengan dipaksa meminum racun karena dianggap menentang kekuasaan.


Reepost Zonanalar.



Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama