APA YANG DI MAKSUD DENGAN IMPERIALISME?

 APA YANG DI MAKSUD DENGAN IMPERIALISME?

Januari 13, 2022

Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.


Tujuan utama imperialisme adalah menambah hasil ekonomi. Negara-negara imperialis ingin memperoleh keuntungan dari negeri yang mereka kuasai karena sumber ekonomi negara mereka tidak mencukupi. Dasar imperialisme awalnya bertujuan untuk menyebarkan ide-ide dan kebudayaan Barat ke seluruh dunia.


Inti dari imperialisme lawas adalah semboyan gold, gospel, and glory (kekayaan, penyebaran agama dan kejayaan). Suatu negara merebut negara pautan sebagai menyebarkan agama, mendapatkan kekayaan dan menambah kejayaannya.

Imperialisme merupakan kebijakan atau ideologi untuk memperluas kekuasaan atas negara lain dan penduduk asli negara tersebut, dengan tujuan memperluas akses politik dan ekonomi, kekuasaan dan kontrol, dan seringkali dilakukan dengan menggunakan kekuatan militer.


Imperialisme modern

 adalah praktik imperialisme yang muncul pertama kali pada abad ke-18, lebih tepatnya setelah Revolusi Industri. Apabila imperialisme kuno dilandasi semboyan 3G, imperialisme modern didorong oleh motivasi ekonomi yang bertumpu pada industrialisasi.

Imperialisme modern bertujuan untuk memperluas daerah jajahan untuk industri, dan sebagai daerah sumber tenaga buruh yang murah. Imperialisme modern sendiri berkembang di dunia sejak abad ke-19. Awal mula imperialisme di Indonesia dimulai sekitar abad ke-16. 


Faktanya imperialisme masih tabil menjalankan aktivitas politik di papua barat atau west papua dengan perluasan ladang eksploitasi manusia sebagai tenaga produk untuk kepentingan produksi sumber daya alam (SDA), papua.


#LAWAN_TANPA_BATAS✊

#HIDUP_RAKYAT_PAPUA

#HIDUP_STBP

Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama