KESETARAAN PEREMPUAN PAPUA


Penindasan perempuan papua

Penindasan perempuan itu ada sejak lahir dimana perempuan hanya dijadikan objek untuk mendapatkan simpati,contohnya di daerah gunung apabila perempuan itu lahir sudah tentukan maskawinya,ini salah satu bentuk penindasan yang ada sejak lahir.jika kami amati dari sisi kesetaran gender,dahulu Dalam masyarakat Indian Iroquis, misalnya, kedudukan perempuan dan laki-laki benar-benar setara. Bahkan, semua laki-laki dan perempuan dewasa otomatis menjadi anggota dari Dewan Suku, yang berhak memilih dan mencopot ketua/kepala suku. Jabatan ketua suku dalam masyarakat Indian Iroquis tidaklah diwariskan, melainkan merupakan penunjukan dari warga suku melalui sebuah pemilihan langsung yang melibatkan semua laki-laki dan perempuan secara setara dan bersama-sama. Keadaan ini berlangsung sampai jauh ke abad ke 19.

Bagaimana jika kita merfleksi dari sejarah maka,di sini kami akan memahami bahwa perempuan punya hak yang setara dengan laki-laki.yang hanya bisa membedakan adalah,perempuan dapat melahirkan,perempuan bisa menyusui,perempuan bisa merasakan menstrusai.itu yang bisa kita bedakan,namun lebih dari itu antara perempuan dan laki-laki semua sama dan punya hak yang sama.

Namun hari ini masih ada penindasan,salah satu bentuk penindasan yang tumbuh subur di kalangan orang papua adalah ketika kami tidak memberikan kebebasan kepada perempuan,dimana yang seharusnya permpuan punya hak untuk berpenampilan sesuka hatinya namun peilaian membuat psikogi perempuan terganggu hingga perempuan papua merasa tidak ada apa-apanya di banding laki-laki.

Yang lebih kejam lagi kehadiran kapitalisme membuat perempuan papua merasa tak punya runag,ruang untuk menjadi diri sendi untuk mendapatkan hak-haknya contohnya:perempuan papua tak bisa menjadi pramugari,sekertaris dalam kantor,bahkan kerja di kapal,dan tempat umum lainya.hal ini sangat menindas perempuan  karena sampai hari ini perempuan belum dihargai sebagai perempuan papua di mata kapitalisme.

Kapitalisme menindas semua kebebasan dan hak-hak perempuan,jika perempuan punya hak yang sama mengapa ada syarat-syarat untuk meraih cita-cita mereka dengan cara yang rasialime,atau mendapatkan dengan cara yang menindas.

Maka dari itu pentingnya perempuan papua untuk bankit dan lawan,sebab perempuan punya hak atas dirinya sendiri sebagai perempuan,jika perempuan berada Di garda depan maka sekuat apapun  kapitalisme  akan runtuh tanpa menyentuh,sebab dimana ada perempuan disitu ada kekuatan yang hakiki.

Hidup perempuan papua





 

Di Indonesia 08 mar 2022

sehend

 

Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama