FILOSOFI MENGHISAP ROKOK

 FILOSOFI MENGHISAP ROKOK

---

Mungkin benar rokok itu berbahaya menurut medis,tapi kalau berbahaya kenapa masih di jual? sekarang yg mau kita bahas bukan itu.

Ketimbang berdebat tentang sehat atau tidaknya merokok,halal atau haramnya rokok, lebih baik kita mengambil pelajaran singkat dari rokok.

Filsafat Rokok, itulah bahasa kita kali ini, masih ingatkah kita dengan teori realitas ganda dari Plato,teori tersebut menjelaskan bahwa manusia hidup di dunia alam, yaitu alam materi dan alam non materi, sebut saja raga dan jiwa,ada sesuatu yang bisa kita lihat dan tidak begitulah singkatnya.. lantas apa sangkut pautnya dengan Rokok?

Dikala manusia merokok, manusia membakar tembakau, kemudian tembakau itupun terurai menjadi dua bagian, yaitu asap dan abu, itulah kehidupan manusia, Ketika tembakau itu dibakar maka dimulailah kehidupan manusia, putih kertas melambangkan kesucian jalan manusia,satu batang rokok melambangkan satu kehidupan manusia, berbagai candu pun dimulai,ada yang bilang merokok menenangkan,ya itulah ketika kita mengambil jalan yang suci maka kehidupan manusia akan tenang.

Kehidupan manusia itu tidak abadi,kita hidup sementara,dan seperti yang sudah di katakan barusan bahwa setelah rokok dibakar maka tembakau terurai menjadi asap dan abu, itulah manusia didalamnya ada jiwa dan raga, ketika manusia mati maka manusia akan terurai menjadi jasad dan Roh,jasad yang berupa tembakau akan hancur menjadi abu,dan kemudian menjadi Tanah.

Hal ini selaras dengan tubuh manusia yang setelah mati akan hancur menjadi bangkai dan melebur menjadi tanah, kemudian asap yang merupakan perlambang dari roh manusia, setelah mati terpisah dari raganya yaitu tembakau dan terbang entah kemana, begitupun manusia setelah manusia mati roh manusia akan terbang dan melebur ke tempat yang semestinya,sebut saja akhirat seperti yang dikatakan oleh agama.

Papua indah bukan? untuk menitipkan pengetahuan pada generasi setelahnya mereka membuat simbol-simbol berupa kopi dan rokok.

Haha nan kita bicara mengenai kopi lagi eww


Haren Famen



Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama