Alasan Vakum, Ketua Asrama Yahukimo Jakarta Akhirnya Digantikan.

 

Foto Bersama, Mahasiswa Yahukimo di Condet Jakarta Timur. Condet 05/08/2023.

Karena masa jabatanya selesai (2020-2021), ketua Asrama Mahasiswa Yahukimo (AY) Kota Jakarta, Nico Sol akhirnya digantikan oleh Novita Yohame melalui Rapat Umum Anggota (RUA), pada Sabtu, 05 Agustus 2023 di Asrama Yahukimo Condet Jakarta Timur, Jakim.

Alasan pergantian tersebut, berdasar pada vakumnya roda organisasi yang sudah tak berjalan sesuai dengan arah organisasi Mahasiswa Yahukimo tersebut. Hal itu dijelaskan oleh Aten Sama, selaku koordinator Rapat Umum Anggota.

“Sejak awal Pemilihan pada 06 April 2020 dan setelah melalui rapat kerja hingga kini, belum ada program kerja yang dilaksanakan. Bahkan sampai sekarang, tidak jelas struktur kepengurusannya,” jelasnya.

Sama menegaskan bahwa ketua Asrama Yahukimo tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang diatur dalam Aturan Asrama sebelumnya . “Ketua Asrama juga tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang diatur dalam aturan Asrama. Bahkan dia tidak menyerahkan laporan pertanggung jawaban (LPJ),” ucapnya.

Tak hanya itu, dia (ketua Arama) juga tidak pertanggung jawab atas surat panggilan yang diberikan oleh Korwil pada 16 April lalu, untuk segera melakukan pemilihan ketua Asrama baru mengingat masa jabatanya yang berakhir. “Hal itu tentu sekali melanggar tujuan, visi dan misi Asrama,” tegas Aten.  

Dia mengaku, sebelumnya mereka sudah berupaya melakukan evaluasi Asrama Yahukimo (ASYA), namun hasil evaluasi tersebut tidak dijalankan oleh ketua sebagai penggerak organisasi.

“Sebelumnya kami sudah upayakan untuk adakan evaluasi umum. Namun, hasil evaluasi itu tidak dilaksanakan oleh ketua Asrama. Seoalah-olah dia membiarkan kepengurusan Asrama  ini tetap vakum. Sehingga 56 Anggota yang berada di bawah naungan IPMY bersama pengurus Asrama lainnya, memutuskan untuk melakukan RUA,” Sama.

Melalui Rapat Umum Anggota tersebut, Novita Yohame yang dipilih sebagai ketua Asrama baru tersebut, akan menjalankan sisa periode (2023-2024).

“Semoga ketua Asrama yang baru ini membawa dampak positif, bisa hidupkan kembali kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi Mahasiswa Yahukimo di Condet Jakarta Timur dan semoga roda organisasi berjalan sesuai dengan visi dan misi Pengurus Asrama Yahukimo Jakarta,” harap Amanton Siringon, mahasiswa Yahukimo di Jakarta.

 (Editor, Sehend Sama)

Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama