PAPUA DALAM SETINGAN

 PAPUA DALAM SETINGAN

__

Seiring berjalannya kegiatan PON XX saya melihat banyak sekali orang Papua yang bangga, bangga dalam istilah orang gunung dan orang pantai.di setiap dinding FB sampai media sosial lainnya ada tertulis "ternyata orang gunung juga bisa juara dan ternyata orang pantai juga bisa juara"dan lain-lainnya..

Dahulu kala Orang asli Papua (OAP) itu tidak pernah mengenal yang namanya Gunung dan pantai.istilah ini muncul setelah aneksasi wilayah Papua ke Indonesia, atau yg lebih di kenal dengan persetujuan setan dan iblis tanpa melibatkan manusia dalam PEPERA.

Setelah 1962 wilayah Papua dianeksasi oleh Indonesia,pada 18 April 2007 wilayah Papua menjadi dua bagian yaitu Papua dan Papua barat,pada saat itu juga nama irian barat di ubah menjadi Papua barat.

Setelah pemecahan wilayah muncullah istilah orang gunung dan orang pantai Dimana orang asli Papua itu harus terjebak dalam istilah ini, istilah yang diseting sedemikian rupa untuk mengadu domba orang Papua untuk menciptakan konflik horizontal.

Dan hari ini terbukti bahwa kehadiran PON XX PAPUA tambah membangkitkan istilah gunung dan pantai, padahal kami adalah satu keluarga yang lahir besar dari satu daratan.

Akhir kata...

Kawan supaya ko tau sa dengan ko kita itu satu daratan, Jang ko bangga dengan dong pu setingan...

 itu saja.




Marapna

Marapna merupakan sebua media independen yang dibuat untuk kepentingan masyarakat luas dalam jangkauan unformasi, terutaman seputar tanah papua. sekian dari kami, terimakasih dan Tuhan berkati.

.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama